Rabu, 14 November 2012

Buah Iblis

    Buah Iblis ( 悪魔の実 Akuma no Mi ) adalah buah mistis yang bisa memberikan penggunanya semacam kemampuan khusus tergantung dari jenis buah tersebut. Disebut juga buah terkutuk karena penggunanya tidak akan bisa berenang lagi selama sisa umur mereka dan dibenci lautan. Seseorang yang memakan buah iblis dinamakan Pengguna Buah Iblis ( 能力 ).

" Saya pernah mendengar bahwa semua Buah Iblis adalah reinkarnasi dari Iblis laut. Jika Anda makan satu Anda akan mendapatkan kemampuan khusus, tetapi Anda tidak akan dapat berenang"

    Sepanjang cerita One Piece berjalan, terlihat kalau kekuatan Buah Iblis juga mempengaruhi pakaian atau atribut yang dikenakan suatu pengguna. Kemeja Luffy tidak sobek ketika menggunakan teknik Gear 3, topi Chopper yang ikut membesar ketika bertransformasi menjadi raksasa atau seragam Akainu tidak ikut terbakar ketika berubah menjadi magma. Seperti yang pernah dijelaskan Oda dalam SBS bahwa jika ia membuatnya terlalu realistis, maka suatu komik akan kehilangan ciri khasnya sebagai daya tarik.

    Semula dipercayai jika seseorang tidak dapat menguasai lebih dari satu kekuatan buah iblis karena dapat menghancurkan tubuhnya sendiri. Rumor yang beredar menyatakan bahwa iblis yang bersemayam didalam buah iblis akan bertarung satu sama lain dan berakibat hancurnya tubuh pengguna. Namun Blackbeard mematahkan fakta setelah ia secara mengejutkan dapat menguasai kekuatan Gura Gura no Mi milik Whitebeard meski telah memiliki kekuatan buah iblis yang lain sebelumnya. Tidak diketahui bagaimana ia bisa melakukan hal tersebut, meski Marco pernah berspekulasi kalau hal itu terjadi karena struktur tubuh tak biasa yang dimiliki Blackbeard

Kelemahan :
  • Air Laut 
Buah Iblis memiliki kutukan bagi penggunanya. Mereka tidak akan bisa berenang selama sisa umur mereka.
  • Kairoseki
Kairoseki adalah alat yang dapat membatalkan kemampuan pengguna Buah Iblis dan melemahkan mereka.
Type-type Buah Iblis : 
Tipe Paramecia (超人系(パラミシア) secara harfiah diartikan sebagai Buah Iblis yang memberikan penggunanya kekuatan manusia super. Secara umum, Buah Iblis Paramecia adalah tipe buah iblis yang memberikan penggunanya kekuatan selain berubah unsur seperti tipe Logia, atau berubah menjadi hewan seperti tipe Zoan.
Meski tidak termasuk kekuatan yang memungkinkan perubahan unsur atau menjadi hewan, beberapa dari mereka mampu bertransformasi menjadi bentuk lain. Tipe ini adalah tipe Buah Iblis yang paling banyak ditemukan.
Tipe Zoan (動物系(ゾオン)diartikan sebagai Buah Iblis yang memberikan penggunanya kemampuan berubah menjadi hewan. Tipe buah ini memungkinkan pengguna untuk berubah menjadi spesies lain atau bentuk hibrida antar spesies sesuka hati.  
Pengguna tipe Zoan memiliki tiga bentuk dasar: bentuk asli pengguna, bentuk perubahan secara penuh, dan bentuk hibrida, kombinasi bentuk asli dengan bentuk spesies yang diberikan buah.  
Objek benda mati terbukti dapat menyerap Buah Iblis. Teknik ini dikembangkan oleh ilmuwan jenius Angkatan Laut, Dr. Vegapunk. Hanya ada tiga contoh sejauh ini, bazooka Mr. 4, Lasoo (Inu Inu no Mi, model: Dashchund), pedang Spandam, Funkfreed (Zou Zou no Mi), dan lendir peliharaan Caesar Clown's, Smiley (Sara Sara no Mi, model: Axoloti).  
Sejauh ini tampaknya hanya tipe Zoan yang mampu diserapkan pada benda mati. Objek yang telah menelan buah Zoan, dapat bergerak dan berpikir layaknya jenis spesies buah zoan yang diserapnya. Mereka juga bisa sakit dan merasakan takut ketika diintimidasi, seperti ketika Franky mengancam Funkfreed. Benda ini terlihat sangat setia dengan pemiliknya.  
Tipe Logia (自然系(ロギア)diartikan sebagai Buah Iblis yang memberikan penggunanya kemampuan untuk berubah menjadi elemen alam atau kekuatan alam. Buah Iblis tipe Logia dianggap sebagai yang paling kuat dibanding jenis lainnya.
Beberapa karakter dalam One Piece menunjukkan kemampuannya seperti seorang pengguna Buah Iblis, namun belum disebutkan namanya.
+ Jika kalian ingin melihat daftar-daftar  pemakan buah iblis, klik saja nama-nama type-nya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar